Penggolongan tipe manusia ini di lakukan oleh Gelanus (175 SM). Dia adalah seorang ahli Typologi Yunani yang menggolongkan tipe manusia ke dalam 4 golongan. Penggolongan ini didasarkan atas banyaknya cairan di dalam tubuh seseorang, yang menurutnya dibedakan ke dalam 4 macam cairan; yaitu darah, lendir, cairan empedu kuning dan cairan empedu hitam.

1.  Golongan P ertama : Golongan Sanguinisch.

Sanguinisch berasal dari bahasa Yunani yang berarti darah. Golongan manusia seperti ini mempunyai cairan darah yang lebih banyak di dalam tubuhnya daripada ketiga cairan yang lain. Golongan Sanguinisch mempunyai tanda-tanda : Bersifat periang (riang gembira), mudah berganti haluan, tidak tetap, dan optimistis.

2. Golongan Kedua : Golongan Flegmatisch.

Flagma berarti lendir, jadi golongan manusia ini mempunyai kelebihan cairan lendir di dalam tubuhnya. Golongan manusia ini mempunyai tanda-tanda : sifatnya tenang, tidak mudah berubah, tidak suka terburu-buru.

3. Golongan Ketiga : Golongan Cholerisch

Chole berarti empedu kuning. Jadi penggolongan manusia ini berdasarkan cairan empedu kuning yang berkelebihan di dalam tubuh dibandingkan cairan lainnya. Golongan Cholerisch mempunyai tanda-tanda : Sifatnya hebat, hatinya mudah berkobar, mudah sekali marah.

4. Golongan Melancholisch

Melanchole berarti empedu hitam. Jadi golongan manusia ini mempunyai cairan empedu hitam berkelibahan di dalam tubuhnya. Golongan manusia Melancholisch ini mempunyai tanda-tanda : Sifatnya pesimistis, mudah kecewa dan bersedih hati, dunia ini dipandangnya sebagai dunia yang penuh dengan kegelapan.

Dari uraian tersebut dapat kita simpulkan bahwa Gelanus (175 SM), menggolongkan manusia ke dalam 4 golongan, yakni golongan sanguinisch, flegmatisch, cholerisch dan golongan melancholisch. Silahkan anda simpulkan sendiri kira-kira anda termasuk golongan yang mana?

Bagikan ke teman

Bookmark and Share